Halo sobat bloger, pada artikel
ini saya ingin memaparkan mengenai
bisnis plan yang mudah-mudahan nanti kedepannya bisa direalisasikan. Ok sebelum
ke pada pokok pembahasan ada sebuah peribahasa yang sangat popular tentunya
yakni “tak kenal maka tak saying”
maka dari itu kita akan membahasa terlebih dahulu mengenai Business plan. Jadi,
Apa itu Busines Plan ? menurut Hisrich dan Peter, Business plan adalah dokumen tertulis yang
disiapkan oleh wirausaha yang mengambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik
internal, maupun eksterhal mengenai perusahaan untuk memulai usaha.
Jadi,
dari business plan yang di gambarkan oleh Hisrich dan Peter tersebut dapat
dikatakan bahwa sebelum memulai usaha ada baiknya kita mengenal mengenai bisnis
yang akan kita geluti nanti dan tentunya sebelum memulai bisnis ini haru ada
visi dan misi yang jelas kedepannya. Ok langsung saja pertama kita mulai dari
mengapa saya mengajukan bisnis ini ? well, diindonesia sendiri pengguna sepedah
motor begitu banyaknnya dikarenakan beberapa faktor misalnya mudah digunakan,
lebih murah, menghemat biaya bensin dsb dari data AISI(asosiasi sepedah motor Indonesia)
mengatakan bawah produksi dari sepedah motor ini berkembang begitu pesat
mengapa produksi ini berkembang? Ini dikarenakan jumlah pesanan dari para
konsumen sangat tinggi dari data yang ada pada AISI, pada tahun 2013 jumlah
produksi sepedah motor mencapai angka 7,7 Juta Unit Lebih dan pada tahun 2014
meningkat ke angka 7,8 juta sebagian diantara motor yang terjual di pakai oleh
kalangan anak muda dan bertipekan sport.
Dikarenakan kebetulannya saya memakai motor
yang bertipekan sport dan agak sulit mencari aksesoris di manado ini yang
terkadang harus di pesan dari luar baik luar daerah maupun luar negeri tentunya
makan disini saya ingin mengeluti bisnis ini kedepannya agar mempermudah
orang-orang seperti saya untuk mempercantik motor kesayangan.
Dari
data AISI menciptakan sebuah peluang bagi saya untuk masuk ke bisnis ini yah
walaupun banyak bengkel modifikasi yang bertebaran di manado ini namun belum
tentu barang tersedia dibengkel mereka dan rata-rata kalaupun tersedia paling banyak
alsannya ada yang lagi restock lah inilah itulah. Ok langsung ke pokok
pembahasan.
VISI
MISI
Yang
pertama Visi, sebelum masuk ke bagian yang paling inti tentunya VISI merupakan
suatu bagian yang paling penting menjalankan bisnis tanpa VISI bagaikan
berjalan melewati jurang yang terjal dengan 1 utas tali, Visi dalam membangun
usaha ini yangkni, “Menjadikan bisnis online penjualan aksesoris sepedah motor
sebagai target utama dari pada pengila modifikasi motor dimanado”
` Misi
bisnis ini yakni :
- - Menjadikan toko ini sebagai penyedia aksesoris terlengkap dalam bidang modifikasi
- - Menyediakan alat-alat yang eksklusif dengan harga terjangkau namun kualitas ok
- - Mempermudah para pengila motor dalam urusan mempercantik motor kesayangannya
Rencana
Produk yang akan di jual
Berbicara mengenai aksesoris tentu
saja banyak yang harus disediakan dan melihat apa yang ada disediakan dari
segala aspek misalnya :
- - Dari aspek produsen : Yamaha, Honda, Kawaski, Suzuki
- - Dari segi tipe : Sport, matik dll
- - Dari segi model : model racing, model street fighter, model sport, model road race, model drag dllDan produk yang akan di jajakan berupa body dan aksesoris pendukung lainnya yang tak mudah ditemui di bengkel-bengkel yang ada.
Target
pasar yang dituju
Target pasar adalah para kaula-kaula
muda, para pengila motor, para pembalap dan lain yang berkaitan dengan
modifikasi motor.
Penetapan
Harga
Untuk harga bervariasi tergantu dari
harga produk dan untuk penetapan harganya bedarasarkan jumah uang pengiriman
+ pajak + 5% dari harga barang + harga barang dari pabrik
Rencana
Pemasaran
Untuk rencana pemasaran atau
marketing plan rencananya akan dilakukan promosi besar-besaran dengan bergabung
dan ngumpul bareng bersama dengan komunitas – komunitas motor yang ada dimanado
dan sekitarnya serta tak luput pula dengan cara promosi dari media sosial dan
media elektronik dan surat tentunya.
Jam
operasional
Dikarenakan bisnis ini online
tentunya dapat diakses selama 24 jam namun untuk pengiriman barangnya
tergantung jasa kurir setempat biasanya untuk menggunakan jasa dari kurir mulai
beroperasi dari jam 8 hingga 5 sore.
Rencana
Keuangan
Berdasarkan aspek produk yang akan
dijual, untuk modal awal diperlukan kisaran 500 juta dengan data penggunakan :
- Perancangan system e-commerce
- Stoking barang dari 4 tipe produsen motor yang di utamakan dan dari sekian tipe yang di utamakan.
- Biaya penyewaan gedung pusat informasi dan pembelian secara offline serta sebagai gudang penyediaan barang.
Berdasarkan dari
survey penjualan sepedah motor untuk masalah dana kembali atau keuntungan itu tak terlalu penting dibahas
dikarenakan para pencari aksesori begitu banyak dan tak aka nada habisnya
hingga penjualan sepedah motor dilarang diindonesia.
Data penjualan
sepedah motor AISI
Penutup
Dengan adanya data real dari AISI ini dapat
memantapkan rencana dari pada bisnis ini mudah-mudahan jika umur masi panjang
rencana ini dapat terrealisasikan demikian artikel ini atas perhatiannya
diucapkan terima kasih.
0 comments :
Post a Comment