I. Latar Belakang
Usaha ini berawal ketika ada seorang teman dari ibu Grenda yang mengajak beliau untuk membuka usaha toko roti dan kue tersebut. Alasan mengapa membuka toko roti dan kue karena belum banyak yang membuka toko kue dan roti pada saat itu, dan usaha ini memiliki kuntungan yang lumayan besar. Lokasi tokonya berada di Bahu, Manado, Sulawesi Utara, tepatnya di belakang gereja GMIM Imanuel Bahu. Ada berbagai jenis kue dan roti yang ditawarkan di toko ini antara lain kue kukus, roti coklat, roti keju, cake, dan toko ini juga menerima pemesanan untuk kue ulang tahun. Toko ini sudah buka dari tahun 2000 dan sudah memiliki banyak pelanggan yang berasal dari masyarakat umum yang ada disekitar wilayah Bahu.
Modal yang diperlukan untuk membuka usaha : Rp. 20.000.000
Modal yang diperlukan untuk membeli alat dan bahan-bahan: Rp. 60.000.000
Keuntungan yang didapatkan perbulan : Rp. 40.000.000
II. Analisis pemasaran
1. Usaha
Usaha utama yang direncanakan adalah penjualan berbagai macam kue dan roti.
2. Tempat
Usaha ini bertempat di belakang gereja GMIM Imanuel Bahu, Manado. Sasaran utama usaha ini adalah masyarakat umum.
3. Harga
Harga dari kue dan roti tersebut bermacam-macam, sesuai dengan bahan-bahan yang digunakan. Misalnya untuk harga bolu kukus Rp.10.000 bisa didapat 6 biji kue, berbeda dengan bronis misalnya, karena menggunakan coklat harganya bisa menjadi lebih mahal. Harga di toko ini juga tergantung dari harga bahan-bahan yang digunakan. Jika harga bahan meningkat, maka harga kue dan roti juga akan dinaikkan.
III. Analisis SWOT
1. Strengths (Kekuatan)
- memiliki rasa yang enak
- memiliki pelanggan yang tetap
- harga kue yang tidak terlalu mahal
- belum banyak toko kue dan roti disekitar lokasi Bahu
2. Weaknesses (Kelemahan)
- Selera konsumen yang selalu berubah-rubah
- kadang penjualan makanan yang tidak habis
3. Opportunities (peluang)
- memiliki rasa kue yang enak sehingga banyak yang berlangganan kue di toko tersebut
- belum banyak yang menjual kue, seperti kue ulang tahun di sekitar toko tersebut
- harga kue yang lumayan murah sehingga dapat dijangkau oleh semua masyarakat
4. Threats (ancaman)
- adanya penjual kue keliling
IV. Analisis Dampak dan Resiko Bisnis
Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar
- Membantu penyediaan kue yang dapat dinikmati dalam berbagai suasana
Analisis Resiko Usaha
- Kenaikan harga bahan baku yang masih belum bisa diprediksi
- Penurunan daya beli masyarakat
- Banyaknya pesaing dengan produk yang sama
Antisipasi Resiko Usaha
- Tidak hanya bergantung pada satu produsen bahan baku
- Memperluas saluran distribusi pemasaran
- Melakukan inovasi pada produk
V. Strategi Bisnis
Strategi Pemasaran:
- Pemberian diskon khusus bagi pembeli dalam jumlah banyak
- Melakukan pengembangan wilayah daya jangkau pemasaran
Strategi Produksi:
- Pembelian mesin agar lebih mengefisienkan waktu produksi
- Mencari produsen bahan baku untuk pembuatan kue dengan harga bersaing
- Peningkatan produktivitas produksi
Strategi Keuangan:
- Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha
- Pengendalian sistem keuangan
- Penyesuaian pembelanjaan keuangan sesuai permintaan pasar
0 comments :
Post a Comment