Pada artikel ini saya
akan membahas rencana bisnis dari usaha RM. SUMBER BERKAT yang bergerak di
bidang kuliner dalam hal ini penjualan makanan daerah Minahasa dengan pemegang
bisnis Bpk. Jonly Lontaan,SE dan alamat tempat usaha bertempat di Jln. Balai
Kota Tikala.
Sebelum membahas tentang
perencanaan bisnis dari usaha ini saya akan menjelaskan alasan pemilihan bisnis
ini :
Usaha ini bisa dikatakan
usaha yang sukses karena memulai usaha dari tahun 2004 sampai sekarang tahun
2015 yang telah berkembang sampai membuka RM. Sumber Berkat cabang 2, usaha ini
bergerak dalam bisnis kuliner sehingga memiliki keuntungan yang besar karena
letak tempat usaha strategis dan sangat terjangkau.
Baiklah sekarang saya
akan membahas rencana bisnis dari usaha RM. SUMBER BERKAT :
1. Modal
Modal yang dipersiapkan oleh Bpk. Jonly Lontaan,SE terdiri atas 2
yaitu modal input dan modal ouput :
ü
Modal Input :
Modal input yang dimaksudkan adalah kesiapan sikap dan karakter individu untuk
memulai suatu usaha, bagaimana cara agar dia bisa membuat lalu membangun suatu
usaha dan juga mempertahankan usaha.
ü
Modal Output : Modal
output yang dimaksudkan disini adalah modal finansial atau modal yang
diperlukan untuk membuka usaha yaitu uang dan barang, penetuan modal dari usaha
ini terdapat pada penentuan target yang berdasarkan kondisi harian apakah
merupakan hari-hari biasa atau hari-hari besar.
2.
Relasi
Usaha ini merupakan usaha yang bergerak dalam
bidang kuliner maka relasi dari usaha ini bergerak juga dibidang yang sama
seperti penyediaan stok minuman, Ikan & daging.
3.
Pengembangan Usaha
Pengembangan usaha ini merupakan prioritas dari
Bpk. Jonly Lontaan,SE apalagi ketika mengalami penurunan pendapatan maka
dilakukan inventaris kembali stok barang, inventaris aset, evaluasi kembali
aset seperti tenaga kerja dan hasil produksi, Sehingga hal itu bisa mengurangi
kerugian usaha. Pengembangan usaha ini juga mengarah kepada keuntungan usaha, Keuntungan usaha
ini berdasarkan target usaha yang bisa di capai mengingat sistem usaha ini
masih merupakan sistem usaha yang tradisional atau sederhana dan memiliki
keutungan jangka pendek.selain mengembangkan usaha ada juga sistem yang
digunakan untuk mempertahankan usaha yaitu :
1. Hasil produksi
yang maksimal
2. Kreatifitas
produksi yang maksimal
3. Mempertahankan
hasil produksi secara maksimal.
4.
Rencana masa depan Usaha
Usaha RM. Sumber Berkat ini walau memiliki keuntungan jangka pendek dan system bisnis
yang sederhana tetapi usaha ini memiliki rancana masa depan yaitu :
1. Bisa diteruskan oleh generasi selanjutnya
2. Menjadi berkat bagi orang lain
3. Menjadi teladan bagi orang lain
4. Turut berpartisipasi sebagai warga Negara yang
baik.
Demikianlah pembahasan
tentang rencana bisnis RM. SUMBER BERKAT selanjutnya saya akan membahas analisa
pemasaran dari RM. SUMBER BERKAT:
1. Usaha
Usaha
utama yang direncanakan adalah penjualan makanan Minahasa yang sehat dan
memiliki harga terjangkau oleh masyarakat.
2. Tempat
Usaha
bertempat di Jln. Balai Kota Tikala tepatnya didepan lapangan Tikala. Sasaran
utama usaha ini adalah masyarakat.
3. Harga
Harga
yang di berikan bervariasi yaitu dari Rp. 4.000 – Rp. 40.000 harga sesuai
dengan jenis makanan yang akan di beli.
Contohnya : 1 nasi campur = Rp. 17.000
Berikut
ini merupakan Analisis SWOT pada RM. SUMBER BERKAT:
1) Strengths
(Kekuatan)
a) Peluang
usaha ini menjanjikan karena memiliki pelayanan yang baik, memiliki cita rasa
yang terjamin dan harga terjangkau.
b) Berbagai
Jenis makanan yang di tawarkan banyak tapi bukan hanya saja makanan usaha ini
juga memiliki aneka jenis minuman dan juga gorengan.
c) lokasi
usaha strategis karena berada di dekat kantor walikota.
2) Weaknesses
(Kelemahan)
a) Selera
konsumen yang berbeda-beda.
b) harga
suatu jenis makanan bisa berubah tergantung dengan bahan pembuatan makanan
apabila terjadi penaikan harga bahan makanan.
c) kadang
penjualan makanan yang tidak habis.
d) bukan
merupakan makanan nasional .
3) Opportunities
(peluang)
a) Lokasi
strategis memudahkan usaha memperoleh banyak pelanggan.
b) Peluang
untuk balik modal tinggi.
c) bisa
menjalin kerja sama dengan mitra usaha yang berhubungan dengan bisnis makanan
contohnya seperti pemasok daging,
pemasok ikan, dll.
d) Tidak
ada Rumah makan minahasa lainnya di daerah tersebut.
4) Threats
(ancaman)
a) Selera
konsumen yang berbeda-beda jadi harus menjaga cita rasa makanan.
b) Adanya
Rumah Makan lain yang menjual makanan nasional.
c) lokasi
yang rawan banjir.
Demikianlah pembahasan
rencana bisnis dari suatu usaha pada artikel ini dan berikut merupakan foto dokumentasi pada saat wawancara dan foto dari beberapa bagian RM. SUMBER BERKAT :
0 comments :
Post a Comment