Terbaru
Loading...

Business Plan (Rencana Bisnis)

Pada artikel ini saya akan membahas rencana bisnis dari usaha RM. SUMBER BERKAT yang bergerak di bidang kuliner dalam hal ini penjualan makanan daerah Minahasa dengan pemegang bisnis Bpk. Jonly Lontaan,SE dan alamat tempat usaha bertempat di Jln. Balai Kota Tikala.



Sebelum membahas tentang perencanaan bisnis dari usaha ini saya akan menjelaskan alasan pemilihan bisnis ini :

Usaha ini bisa dikatakan usaha yang sukses karena memulai usaha dari tahun 2004 sampai sekarang tahun 2015 yang telah berkembang sampai membuka RM. Sumber Berkat cabang 2, usaha ini bergerak dalam bisnis kuliner sehingga memiliki keuntungan yang besar karena letak tempat usaha strategis dan sangat terjangkau.

Baiklah sekarang saya akan membahas rencana bisnis dari usaha RM. SUMBER BERKAT :

1.      Modal 
Modal yang dipersiapkan oleh Bpk. Jonly Lontaan,SE terdiri atas 2 yaitu modal input dan modal ouput :
ü  Modal Input :  Modal input yang dimaksudkan adalah kesiapan sikap dan karakter individu untuk memulai suatu usaha, bagaimana cara agar dia bisa membuat lalu membangun suatu usaha dan juga mempertahankan usaha.
ü  Modal Output : Modal output yang dimaksudkan disini adalah modal finansial atau modal yang diperlukan untuk membuka usaha yaitu uang dan barang, penetuan modal dari usaha ini terdapat pada penentuan target yang berdasarkan kondisi harian apakah merupakan hari-hari biasa atau hari-hari besar.
2.      Relasi
Usaha ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang kuliner maka relasi dari usaha ini bergerak juga dibidang yang sama seperti penyediaan stok minuman, Ikan & daging.

3.      Pengembangan Usaha
Pengembangan usaha ini merupakan prioritas dari Bpk. Jonly Lontaan,SE apalagi ketika mengalami penurunan pendapatan maka dilakukan inventaris kembali stok barang, inventaris aset, evaluasi kembali aset seperti tenaga kerja dan hasil produksi, Sehingga hal itu bisa mengurangi kerugian usaha. Pengembangan usaha ini juga mengarah kepada keuntungan usaha, Keuntungan usaha ini berdasarkan target usaha yang bisa di capai mengingat sistem usaha ini masih merupakan sistem usaha yang tradisional atau sederhana dan memiliki keutungan jangka pendek.selain mengembangkan usaha ada juga sistem yang digunakan untuk mempertahankan usaha yaitu :
1.      Hasil produksi yang maksimal
2.      Kreatifitas produksi yang maksimal
3.      Mempertahankan hasil produksi secara maksimal.

4.       Rencana masa depan Usaha
Usaha RM. Sumber Berkat ini walau memiliki  keuntungan jangka pendek dan system bisnis yang sederhana tetapi usaha ini memiliki rancana masa depan yaitu :
1.      Bisa diteruskan oleh generasi selanjutnya
2.      Menjadi berkat bagi orang lain
3.      Menjadi teladan bagi orang lain
4.      Turut berpartisipasi sebagai warga Negara yang baik.

Demikianlah pembahasan tentang rencana bisnis RM. SUMBER BERKAT selanjutnya saya akan membahas analisa pemasaran dari RM. SUMBER BERKAT:

1.      Usaha

Usaha utama yang direncanakan adalah penjualan makanan Minahasa yang sehat dan memiliki harga terjangkau oleh masyarakat.

2.      Tempat

Usaha bertempat di Jln. Balai Kota Tikala tepatnya didepan lapangan Tikala. Sasaran utama usaha ini adalah masyarakat.

3.      Harga

Harga yang di berikan bervariasi yaitu dari Rp. 4.000 – Rp. 40.000 harga sesuai dengan jenis makanan yang akan di beli.
Contohnya : 1 nasi campur = Rp. 17.000

Berikut ini merupakan Analisis SWOT pada RM. SUMBER BERKAT:

1)      Strengths (Kekuatan)

a)      Peluang usaha ini menjanjikan karena memiliki pelayanan yang baik, memiliki cita rasa yang terjamin dan harga terjangkau.
b)      Berbagai Jenis makanan yang di tawarkan banyak tapi bukan hanya saja makanan usaha ini juga memiliki aneka jenis minuman dan juga gorengan.
c)      lokasi usaha strategis karena berada di dekat kantor walikota.

2)      Weaknesses (Kelemahan)

a)      Selera konsumen yang berbeda-beda.
b)      harga suatu jenis makanan bisa berubah tergantung dengan bahan pembuatan makanan apabila terjadi penaikan harga bahan makanan.
c)      kadang penjualan makanan yang  tidak habis.
d)      bukan merupakan makanan nasional .

3)      Opportunities (peluang)

a)      Lokasi strategis memudahkan usaha memperoleh banyak pelanggan.
b)      Peluang untuk balik modal tinggi.
c)      bisa menjalin kerja sama dengan mitra usaha yang berhubungan dengan bisnis makanan contohnya seperti  pemasok daging, pemasok ikan, dll.
d)     Tidak ada Rumah makan minahasa lainnya di daerah tersebut.

4)      Threats (ancaman)

a)      Selera konsumen yang berbeda-beda jadi harus menjaga cita rasa makanan.
b)      Adanya Rumah Makan lain yang menjual makanan nasional.
c)      lokasi yang rawan banjir.

Demikianlah pembahasan rencana bisnis dari suatu usaha pada artikel ini dan berikut merupakan foto dokumentasi pada saat wawancara dan foto dari beberapa bagian RM. SUMBER BERKAT :













Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment