BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Zaman sekarang ini telah mengalami
globalisasi yang kian maju. Perkembangan teknologi semakin canggih. Kita bisa
dengan mudah dan cepat memperoleh informasi yang kita butuhkan melalui berbagai
media. Informasi bisa mengalir ke berbagai belahan dunia dimana saja tanpa
terbatas ruang dan waktu. Dalam beberapa bulan saja sebuah perusahaan besar
seperti samsung bisa mengeluarkan gadget
model terbaru dengan fitur yang lebih canggih dibandingkan model sebelumnya.Dengan adanya aplikasi media sosial yang
mudah diakses dan murah di download dalam smartphone ini tentunya semakin
memudahkan kita dalam berkomunikasi dan bisa tetap menjalin hubungan dengan
teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai karena padatnya rutinitas
yang kita jalani sehari - hari.
Media sosial tersebut selain memudahkan
kita dalam berkomunikasi juga dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup
sehari - hari. Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau
afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah
atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak
pengguna smartphone saat ini. Dengan hanya bermodalkan smartphone dengan
aplikasi media social beserta koneksi internet yang semakin luas, kita dapat membuat
bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen. Dengan melihat peluang yang
ada kami ingin membuka usaha online yang diharapkan bisa menguntungkan.
b. Visi
Memudahkan
orang-orang mendapatkan alat dan barang yang dibutuhkan
c. Misi
·
Menawarkan
barang secara online maupun secara langsung
·
Mendapatkan
pelanggan sebanyak-banyaknya
·
Melayani
konsumen
d. Tujuan Usaha
·
Menjual
barang yang berkualitas dan bermanfaat
·
Memperoleh
keuntungan
·
Menambah
pengetahuan dan pengalaman di bidang wirausaha
BAB II
ISI
a. Nama Usaha
“The
Blank”
b. Lokasi Usaha
·
Online.
Dengan menawarkan barang di akun di facebook, InstaGram,, dan group di BBM.
·
Offline.
Dengan menawarkan barang secara langsung.
c. Target Pelanggan
·
Online.
Semua orang dimana saja
·
Offline.
mahasiswa & mahasiswi semua jurusan di UNSRAT Manado
d. Jenis usaha
·
Alat-alat
elektronik
·
Makanan
& minuman
·
Merchandise
(kaos, topi, tas, kotak pensil) Teknik Unsrat
·
Accessories
e. Jadwal kegiatan
Nama
Program
|
Bln September
|
Bln Oktober
|
Bln November
|
Bln Desember
|
|||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
Penggumpul-an Data
|
![]() |
![]() |
|||||||||||||||
Promosi
|
![]() |
||||||||||||||||
Terima order
Pesanan
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
f.
Modal
awal
Pengumpulan
dana Rp. 50.000/org
1
Kelompok 5 org, jadi modal awal Rp. 250.000
g. Rencana keuntungan
·
Alat
Elektronik :
Tiap
barang keuntungannya di dapati dari ongkos pengiriman.
Ongkos
kirim setiap orderan = Rp. 40.000
1
orderan barang di hargai = Rp. 25.000 / barang
Perkiraan
1 minggu mempunyai 5 barang orderan
(Rp.
25.000 x 5 = Rp. 125.000), Ongkos kirim sekali order
(Rp.
125.000 – Rp. 40.000 = Rp. 85.000), Jadi keuntungan di dapati per minggu
sekitar Rp. 85.000
·
Makanan/Minuman
:
Bahan
dasar makanan/minuman adalah “Jelly”
Bahan-bahan
yang di butuhkan sebesar = Rp. 150.000 (utk 3 hari pemakaian )
1
makanan/minuman di hargai = Rp. 15.000 / bungkus
Perkiraan
sehari terjual sebanyak 10 bungkus
(10 x
Rp. 15.000 = Rp. 150.000), dalam 3 hari (3 x Rp. 150.000 = Rp. 450.000)
Pendapatan
3 hari di kurangi dengan modal selama 3 hari
(Rp.
450.000 – Rp. 150.000 = Rp. 300.000)
Jadi
perkiraan keuntungan selama 3 hari = Rp. 300.000
·
Accessories
1 kilo
ongkir = Rp. 40.000 (termasuk berbagai macam accessories)
1 kilo
di perkirakan ada 30 macam accessories.
1
accessories dihargai = Rp. 10.000 / barang
(30 x
Rp. 10.000 = Rp. 300.000)
(Rp. 300.000
– Rp. 40.000 = Rp. 260.000)
Jadi
keuntungan Rp. 260.000 per 30 barang, dengan waktu yang tidak tentu.
·
Merchandise
(kaos, topi, tas, kotak pensil) Teknik Unsrat
Keuntungannya
juga seperti alat elektronik dan accessories yaitu terdapat di ongkos pengirimannya
Analisa SWOT
a.
Strength
·
Tidak
memerlukan bangunan fisik
·
Tidak
membutuhkan pegawai
·
Tidak
mengganggu waktu kuliah
·
Dapat
dijalankan dimana saja dan kapan saja saat mempunyai waktu luang
·
Sistem
pembayaran aman
·
Barang
bagus, berkualitas dan tidak rusak
·
Barang
cepat sampai
·
Barang
bisa diantar ke rumah/lokasi pembeli
b.
Weakness
·
Hanya
dijual untuk wilayah manado saja
c.
Opportunity
·
Banyak
pelanggan
·
Untung
besar
·
Usaha
berkembang
d.
Threat
·
Banyak
jenis usaha yang sama
·
Banyak
saingan
·
Sedikit
pembeli
·
Keuntungan
menurun
·
Usaha
tidak berkembang
BAB III
PENUTUP
Toko Online merupakan salah satu
alternative peluang usaha yang bisa dijalankan dengan mudah, murah, nyaman, dan
aman. Berjualan di toko online tidaklah membutuhkan bangunan fisik, itulah yang
menjadi keuntungan.
Toko online memberikan kemudahan
kepada pembeli dan penjual bertransaksi tanpa harus bertatap muka secara
langsung. Dengan toko online, pembeli juga tidak perlu jauh-jauh ke pusat
perbelanjaan. Ini bisa menghemat biaya pengeluaran. Pembeli juga bisa dengan
mudah melihat dan memilih barang yang dicari dan diinginkan dengan saja
kapanpun dan dimanapun tanpa terburu-buru.
0 comments :
Post a Comment